Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

penyebab ac tidak dingin

Permasalahan yang sering terjadi pada pengguna AC adalah AC yang tidak dingin. Penyebab AC tidak dingin ini dapat terjadi dari faktor eksternal maupun internal. Berikut ini penyebab kenapa AC tidak dingin dan cara mengatasinya.

Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

1. Filter AC yang tidak rutin dibersihkan

Filter berguna untuk menyaring kotoran yang terdapat pada udara AC. Nantinya kotoran tersebut akan menumpuk dan menyumbat saringan filter sehingga udara dingin tidak dapat menembus keluar.

Artikel terkait:
Service AC Cikarang
Service AC Tangerang

Anda dapat mengatasi penyebab AC tidak dingin ini dengan membersihkannya secara rutin, lakukanlah pencucian setiap sebulan sekali agar filter bersih dari kotoran.

Selama proses pembersihan filter AC tersebut pastikan anda sudah menutup barang di sekitar AC seperti kasur dengan koran agar barang tersebut nantinya tidak kotor.

2. Kondensor AC yang kotor

Kondensor terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan freon pada suhu tertentu. Bila kondensor kotor, maka komponen ini tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal yaitu melakukan proses pendinginan.

Maka anda perlu melakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah dampak dari penyebab AC tidak dingin.

Gunakanlah sabun dan air untuk menghilangkan kotoran, selain itu gunakan selang air dengan arus air yang pelan sehingga kondensor tidak rusak.

Apabila anda tidak menggunakan AC dalam waktu lama, maka sebaiknya tutup kondensor dengan kain agar tidak kotor yang diakibatkan debu yang tebal.

3. Freon yang habis atau bocor

Freon merupakan gas yang berguna dalam proses pendinginan ruangan. Freon yang habis dapat menjadi penyebab AC tidak dingin. Cirinya yaitu terjadinya pembekuan es pada pipa AC, AC bocor, dan timbul suara mendesis akibat kebocoran.

Dampak dari penyebab AC tidak dingin ini adalah freon AC yang bocor dapat terhirup dan membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti gangguan pernapasan.

Artikel terkait:
Service AC Makassar
Service AC Malang

Dalam menghindari dampak dari penyebab AC tidak dingin ini, maka anda perlu segera menghubungi jasa service AC untuk memperbaikinya.

4. Ukuran AC yang tidak sesuai

AC yang terlalu kecil tentunya tidak dapat memberikan semburan udara dingin di ruangan yang besar. Jika penyebab AC tidak dingin ini terjadi, maka anda perlu menggantinya dengan AC berukuran lebih besar.

Atau solusi lainnya dengan menggunakan AC kecil dalam jumlah lebih dari satu. Cara ini bisa menjadi jalan keluar dari penyebab ruangan yang tidak dingin.

Demikian penyebab kenapa AC tidak dingin dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu anda dan mendapatkan solusinya – Pojokinfo.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya"