Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab AC Bocor Netes Air dan Cara Mengatasinya

penyebab ac netes air

AC yang bocor tentunya sangat mengganggu kenyamanan, terutama bila tetesan air tersebut mengenai tempat tidur atau peralatan rumah tangga lainnya. Berikut ini adalah penyebab AC bocor netes air dan cara mengatasinya.

Penyebab AC Bocor Netes Air dan Cara Mengatasinya

1. Tersumbatnya Aliran Pembuangan Air Tetesan

AC yang bocor biasanya dapat disebabkan karena tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan AC.

Tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan AC ini biasanya disebabkan karena adanya debu dan kotoran yang menempel di dalam unit indoor AC.

Apabila saluran pembuangan penuh karena kotoran yang mengendap, maka air tetesan tersebut akan menetes melalui unit indoor.

Artikel terkait:
Service AC Bandung
Service AC Surabaya

Cara mengatasi AC bocor karena hal ini adalah dengan membersihkan selang yang biasanya berisi lumut / lendir yang sudah tebal. Untuk selanjutnya jangan lupa bersihkan saluran selang pembuangan belakang AC secara berkala.

Anda dapat membersihkannya dengan menyemprot selang pembuangan air AC hingga seluruh kotoran dapat keluar.

2. Terjadinya Masalah Kondensasi

AC bocor netes air selanjutnya dapat disebabkan karena adanya masalah pada kondensasi. Masalah kondensasi dapat disebabkan karena perbedaan suhu yang cukup tinggi di dalam pipa dengan suhu yang berada di luar.

Perlu diketahui bahwa masalah ini biasanya terjadi pada AC yang telah digunakan selama lebih dari 5 tahun karena pembungkus pipa yang sudah tidak layak digunakan.

Anda dapat mengatasi masala ini dengan mengganti pembungkus pipa lama menjadi yang baru. Pastikan anda melakukan pemasangan dengan benar agar tetesan air tidak terjadi lagi.

3. Instalasi AC yang Salah

Instalasi AC yang salah tentunya juga dapat menyebabkan kebocoran pada AC, seperti kemiringan pada saluran pembuangan.

Perlu diketahui bahwa saluran pembuangan yang tidak tepat kemiringannya tentunya dapat membuat air yang menetes dari unit AC tidak keluar ke saluran pembuangan.

Jasa Service AC Kota Lain:
Service AC Semarang
Service AC Bogor

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan melakukan instalasi ulang saluran pembuangan air dengan membuka body AC. Setelah itu, atur kembali kemiringan pada saluran pembuangan agar air dapat mengalir dengan benar.

4. Air Menetes di Celah Tersembunyi

Biasanya AC akan terus meneteskan air meskipun sudah diperbaiki talang belakangnya dan pembungkus pipanya sudah diganti. Biasanya masalah ini disebabkan karena air yang menetes dari kondensasi dan celah tersembunyi.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan harus menemukan sumber dari tetesan air tersebut.

Bila anda sudah mengetahui darimana asal tetesan air berasal, maka segeralah melakukan perbaikan. Disarankan untuk memanggil jasa service AC agar masalah dapat segera teratasi.

Demikian penyebab AC bocor netes air dan cara mengatasinya. Semoga tulisan ini dapat membantu anda dalam mengatasi AC bocor (Pojok info)

Posting Komentar untuk "Penyebab AC Bocor Netes Air dan Cara Mengatasinya"