Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Template Blogger Gratis dan Premium SEO Friendly Terbaik [Versi Saya]

template blogger terbaik

Template blogger gratis dan premium terbaik ini adalah berdasarkan pengalaman saya puluhan kali gonta ganti template blogspot sejak lebih 10 tahun lalu.

Mohon maaf, disini saya tidak menampilkan daftar template gratis dan premium yang jumlahnya ratusan tsb. Sekali lagi, disini saya hanya akan menceritakan pengalaman saya.

Oke, kriteria template blogger terbaik yang saya jadikan parameter adalah sbb:

- SEO friendly
- Fast Loading
- Responsif di tampilan desktop, tablet dan HP
- Minim html error (di Google search console)
- Tampilan cukup bagus, minimal sederhana lah...

Template Blogger Gratis

Kalau blog sobat mencari template blogger gratis sebenarnya di halaman dashboard, bagian tab tema sudah banyak yang tersedia, antara lain tema Contempo, Soho, Emporio, Notable dan Essential.

Ada juga pilihan template versi lama seperti Simple, Dynamic Views, Picture Window, dll.

Sayangnya jika mentah mentah memakai template bawaan blogger tsb tanpa diedit maka hasilnya tidak SEO friendly dan tidak fast loading.

Apalagi jika memakai template versi lama maka tidak responsif di tampilan HP dan tablet, kecuali kita mengaktifkan fitur setelan seluler. Tetapi jika kita mengaktifkan fitur tsb akan ada bagian tertentu yang tidak akan tampil jika dilihat dari HP.

Setelah bolak balik ganti template bawaan blogger tsb, termasuk utak atik script nya, tetap saja saya merasa kurang puas dengan peringkat di Google dan faktor kecepatan loading, meskipun ukuran kilobyte (kb) gambar sudah kecil.

Akhirnya saya saat itu mencoba blog Thesis SEO punya blogjuragan, hasilnya wuzz... traffic harian melonjak dratis plus pendapatan adsense meningkat drastis.

Lucunya... walaupun pakai blog baru dibuat dan pakai blogspot gratisan, tapi peringkat blog saya di SERP Google alhamdulillah mengalahkan blog TLD yang berumur lama.

Sempat pakai template Thesis SEO beberapa tahun, sampai akhirnya muncul update algoritma Google tentang web responsive, yakni blog yang responsive akan mendapat prioritas untuk peringkat di halaman pertama di Google.

Akhirnya blog saya perlahan turun peringkatnya, hehehe...

Untuk blog saya yang lain saya pernah pakai template blogger yang SEO friendly dan juga gratis, seperti di blog https://btemplates.com, https://gooyaabitemplates.com dan lainnya, tetapi kebanyakan para pembuat template tsb menanamkan script nama mereka di bagian footer. Ini sih oke tidak masalah... kita harus menghargai jerih payah pembuatnya.

Yang menjadi masalah itu jika kita ketemu editor template abal abal yang di dalam template tsb ditanam script yang mengganggu sehingga muncul iklan atau teks yang tidak kita inginkan. Parahnya lagi script tsb di hidden / disembunyikan sehingga jika kita cari secara visual tidak akan ketemu.

Ada pula template gratisan yang sengaja disisipi virus atau malware oleh pembuatnya, ini yang paling berbahaya bos....

Solusinya... segera ganti template dan bersihkan komputer kita dengan antivirus.

Template Blogger Premium SEO Friendly

Setelah lelah gonta ganti template gratisan akhirnya saya ketemu dengan blog bamz.co.id yang menjual template premium SEO Friendly dan saya langsung membelinya. 

Benar saja, baru beberapa hari mengganti template tsb blog saya mengalami peningkatan traffic secara signifikan.

Tetapi sayangnya baru beberapa bulan menggunakannya sang pembuat template tsb terkesan tidak mengurus lagi blognya termasuk tidak ada update terbaru, entah kenapa...

Setelah itu saya juga pernah membeli template dari developer lainnya, baik template satuan maupun bundle. Tetapi endingnya tidak ada update dan pembuatnya sangat sulit dihubungi.

Inilah Template Blogger Premium yang saya gunakan sekarang...

Akhirnya dari rekomendasi orang lain saya ketemu dengan blog sugeng.id yang menjual template blogger premium dengan harga yang sangat terjangkau.

Hingga  saat ini ditulis hanya ada 4 varian template yang diberi nama LinkMagz, VioMagz, ViaToko dan EvoMagz.

Awalnya saya hanya membeli template LinkMagz. Merasa puas lalu saya membeli lagi 3 template lainnya secara berturut turut dalam waktu sekitar 2 bulan.

Sejauh ini, inilah template terbaik yang pernah saya gunakan, beneran bos...

Selain SEO friendly, template ini juga fast loading, responsive dan tampilannya juga bersih. Yang lebih penting lagi ada banyak slot disediakan buat masang script adsense, hehehe...

Yang saya sukai beli template di Sugeng.id :

- Ada tutorial pemasangan dan edit templatenya.
- Hampir setiap bulan ada update versi terbaru.
- Jika ada bug atau trouble selalu ditangani dengan cepat.
- Bertanya via email selalu dijawab.
- Ada grup telegramnya.

Sekali lagi, inilah template blogger terbaik versi saya. Jika tertarik langsung saja lihat koleksi templatenya di https://sugeng.id. Terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Template Blogger Gratis dan Premium SEO Friendly Terbaik [Versi Saya]"