Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

penyebab ac tidak dingin

Berbagai masalah dapat menyebabkan mesin AC tidak berfungsi optimal, terutama pada AC tidak dingin. Dalam kasus ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini penyebab AC tidak dingin hanya keluar angin.

Penyebab AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

1. Freon AC Habis atau Kurang

Penyebab AC tidak dingin hanya mengeluarkan angin dapat disebabkan karena kurang atau habisnya isi freon.

Perlu diketahui bahwa freon yang kurang atau habis ini dapat disebabkan karena ada kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya.

Freon pada AC mengandung zat klorin, hidrogen, dan broming yang tentunya dapat membuat AC menjadi dingin.

Dan bila freon kurang dari tekanan standar disarankan membuat pipa dan evaporator AC sehingga menghasilkan gumpalan es.

Artikel terkait:
Service AC Cikarang
Service AC Tangerang

2. Bersihkan Filter

Filter berguna untuk menyaring kotoran yang terdapat pada udara AC. Nantinya kotoran tersebut akan menumpuk dan menyumbat saringan filter sehingga udara dingin tidak dapat menembus keluar.

Anda dapat mengatasi penyebab AC tidak dingin ini dengan membersihkannya secara rutin, lakukanlah pencucian setiap sebulan sekali agar filter bersih dari kotoran.

Dalam melakukan pembersian filter AC tersebut pastikan anda sudah menutup barang di sekitar AC seperti kasur dengan koran agar barang tersebut nantinya tidak kotor.

3. Kondensor AC Sudah Kotor

Kondensor terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan freon pada suhu tertentu. Bila kondensor kotor, maka komponen ini tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal yaitu melakukan proses pendinginan.

Maka anda perlu melakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah dampak dari penyebab AC tidak dingin.

Gunakanlah sabun dan air untuk menghilangkan kotoran, selain itu gunakan selang air dengan arus air yang pelan sehingga kondensor tidak rusak.

Apabila anda tidak menggunakan AC dalam waktu lama, maka sebaiknya tutup kondensor dengan kain agar tidak kotor.

Service AC kota lain:
Service AC Jogja
Service AC Cirebon

4. Pintu dan Jendela Sering Terbuka

Saat sedang menyalakan AC maka anda perlu menutup jendela dan pintu. Karena pintu dan jendela yang terbuka dapat berpengaruh pada suhu ruangan sehingga terasa tidak dingin seperti biasanya.

Dalam mengatasi masalah ini anda perlu menutup pintu dan jendela. Jika anda ingin keluar ruangan, maka segera tutup kembali pintu.

Demikian penyebab AC tidak dingin hanya keluar angin. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam merawat AC serta dapat menambah wawasan kita semua – Pojokinfo.

Posting Komentar untuk "Penyebab AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin"