Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Sofa Kulit dan Kain Beludru

cara membersihkan sofa kulit

Sebagai tempat bersantai dan juga menerima tamu, sofa yang kotor tentunya tidak nyaman untuk digunakan, itulah mengapa anda harus selalu membersihkannya. Inilah cara membersihkan sofa kulit dan kain beludru yang efektif dan benar.

Kursi sofa merupakan salah satu perabot yang paling sering dijumpai, anda dapat melihat jenis kursi sofa di kantor, rumah, hotel, kamar rumah sakit, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Cover yang digunakan untuk pelapis sofa memiliki jenis yang bermacam macam seperti bahan kain beludru, kulit sintetis, kulit asli, dan masih banyak lagi jenisnya. Karena jenisnya berbeda, maka cara membersihkannya juga berbeda.

Jasa terkait:
Service Sofa Bandung
Service Sofa Jakarta

Cara Membersihkan Sofa Kulit

Hadirnya sofa kulit dapat memberikan sentuhan elegan pada dekorasi rumah, namun sofa berbahan kulit ini membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kualitas kulitnya. Pembersihan sofa kulit yang tidak tepat dapat merusak sofa dalam waktu singkat.

Anda perlu menghindari penggunaan deterjen dan pembersih dengan bahan dasar amonia. Meskipun sofa kulit tergolong lebih kuat dan tahan lama, namun perawatannya harus benar benar dijaga.

Cara membersihkan sofa kulit

1. Bersihkan dengan vacuum cleaner

Bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap kotoran dan debu pada permukaan dan lipatan sofa. Pada ujung vacuum cleaner pastikan menggunakan sikat lembut agar tidak merusak permukaan kulit sofa.

Pastikan seluruh bagian sofa bersih dan tidak ada bagian yang terlewatkan. Lakukan pembersihan dengan halus dan berhati hati agar tidak menggores permukaan kulit.

2. Bersihkan permukaan sofa menggunakan kain lembab

Selanjutnya anda perlu membersihkan permukaan sofa dengan kain lembab. Anda dapat menggunakan kain microfiber untuk membersihkan debu yang menempel.

Bersihkan dengan memberi sedikit tekanan saat mengelap permukaan sofa, setelah itu biarkan mengering dengan sendirinya. Anda tidak perlu mengeringkan memakai hair dryer atau dijemur dibawah matahari.

Perlu diketahui bahwa hair dryer dan sinar matahari langsung dapat menghilangkan kelembaban pada material kulit serta dapat menjadikan permukaan pecah pecah.

3. Gunakan pembersih khusus material kulit

Anda perlu menggunakan cairan pembersih khusus material kulit. Cairan pembersih khusus ini terdapat dalam beberapa merk untuk material kulit yang tersedia di pasaran, ada yang berbentuk cair, gel maupun lotion, anda bisa memlih yang sesuai dengan kebutuhan.

Anda dapat menggunakan cairan khusus ini dengan spons atau kain lap yang lembut dengan gerakan memutar. Setelah itu gunakan lap kain bersih untuk mengangkat kotoran, hindari penggunaan kain lap berwarna, untuk menghindari terjadinya transfer warna dari kain ke sofa.

4. Tambahkan pelembab

Tips selanjutnya anda perlu menambahkan pelembab pada seluruh permukaan sofa kulit secara merata, meskipun beberapa produk pembersih material kulit telah dilengkapi dengan pelembab atau conditioner.

Pelembab pada sofa berfungsi untuk menjaga kelembaban material kulit agar tidak kering dan pecah pecah. Selain itu pelembab ini dapat juga dapat mengembalikan aroma alami pada kulit. Gunakan kain lembut untuk mengaplikasikan pelembab ini.

Cara membersihkan sofa kulit ini juga dapat digunakan pada tas, sepatu maupun jaket yang terbuat dari material kulit asli maupun imitasi.

Pada bahan suede, anda perlu menghindari penggunaan kain lembab. Sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus bahan suede. Dengan perawatan dan produk yang tepat, sofa, tas, jaket maupun sepatu kulit juga akan bertahan lebih lama.

Jasa terkait:
Cuci Sofa Surabaya
Cuci Sofa Semarang

Cara Membersihkan Sofa Kain Beludru

cara membersihkan sofa beludru
 

Sofa beludru termasuk jenis sofa yang sensitif terhadap noda karena mudah menyerap debu dan cairan. Bila anda salah dalam melakukan pembersihan maka sofa anda justru malah bisa rusak.

Agar awet, anda perlu mengetahui cara membersihkan noda pada sofa bahan beludru seperti berikut ini.

1. Membersihkan debu pada sofa

Debu dapat ditemukan dimana saja tak terkecuali pada kursi sofa baik yang sering dipergunakan, atau yang jarang dipergunakan. Debu dapat masuk dan menyebar pada suatu ruangan melalui udara.

Pastikan anda membersihkan debu yang terdapat pada sofa dengan meggunakan mesin penyedot debu agar kursi sofa kembali bersih.

Selain itu anda dapat menggunakan kemoceng, cara menggunakan alat ini anda hanya perlu mengusapkan ke kursi sofa sampai noda debu menghilang sempurna.

2. Pergunakan air dan cairan pembersih yang lembut.

Anda dapat membersihkan sofa bahan beludru dengan air serta cairan pembersih yang lembut. Contoh noda membandel pada sofa adalah noda kopi, noda makanan, dll. Gunakan air serta cairan perbersih yang lembut seperti cairan pencuci piring.

Caranya anda cukup mencampurkan air dengan cairan pembersih, setelah itu aduk hingga mengeluarkan busa, lalu lakukan pembersihan pada bagian noda yang membandel di sofa anda. Lakukan cara ini hingga noda hilang, jangan lupa untuk membersihkan sisa sabun dengan menggunakan air bersih.

3.Gunakan sikat berbulu halus

Bila noda pada sofa belum hilang dengan cara diatas, maka anda perlu menggunakan sikat, pastikan anda menggunakan sikat berbulu halus dan lakukan saat sofa dalam keadaan lembab.

Jangan menyikat sofa dalam keadaan sofa kering karena dapat merusak sofa beludru anda.Sikatlah noda pada sofa tersebut hingga bersih, setelah itu anda dapat melakukan pembersihan lanjutan dengan menggunkan air bersih.

Setelah sofa anda kembali bersih dan terbebas dari kotoran dan noda yang membadel, maka langkah yang terakhir, anda bisa melakukan pengeringan.

Pastikan sofa anda tidak terkena sinar matahari secara langsung. Karena, jika sering terkena sinar matahari secara langsung, maka warna kain pada sofa anda akan cepat pudar.

4. Gunakan cairan cuka

Cobalah untuk menggunakan cairan cuka untuk membersihkan sofa, gunakan cuka secukupnya ke dalam wadah lalu tambahkan air ke dalamnya.

Setelah itu gunakan handuk lalu celupkan pada campuran cuka dan air, peras agar handuk tidak terlalu basah dan gunakan untuk mengelap kembali bagian sofa yang bernoda. Lakukan cara ini secara berulang hingga noda pada sofa menghilang.

Cara membersihkan sofa beludru

Bila anda ingin membeli cairan pembersih sofa, hindari memilih pembersih yang berbahan kimia keras. Karena dapat merusak serat pada kain beludru. Hal ini tentunya dapat membuat sofa anda kusut karena efek dari bahan kimia yang keras.

Bersihkan sofa beludru secara teratur dan berkala, jangan sampai kotoran dan debu menumpuk hingga menempel kuat sehingga sulit untuk dibersihkan. Agar noda pada sofa beludru lebih mudah untuk dibersihkan, usahakan untuk segera bersihkan sebelum noda kering dan meresap pada serat beludru.

Jasa terkait:
Cuci Sofa Jogja
Cuci Sofa Solo

Karena pada dasarnya, noda baru lebih mudah dibersihkan dibandingkan noda lama. Bila anda sulit dalam melakukan pembersihan sofa, sebaiknya anda meminta bantuan pada jasa cuci sofa. Mereka memiliki bahan kimia yang efektif tapi tidak merusak sofa.

Demikian cara membersihkan sofa kulit dan kain beludru. Pastikan anda dapat membersikan sofa dengan baik dan benar agar sofa tidak rusak. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu dan memberikan manfaat untuk anda

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Sofa Kulit dan Kain Beludru"