Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air disebut dengan ...

Pertanyaan: Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air disebut dengan ...

A. Pemurnian oksigen
B. Aerasi
C. Abrasi
D. Reboisasi

Jawaban yang paling tepat adalah B. Aerasi.

--

Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air

(Keterangan gambar: salah satu cara aerasi air)

Berikut penjelasannya:

Aerasi adalah proses penambahan oksigen ke dalam air. Aerasi sering digunakan sebagai bagian dari proses penjernihan air. Proses ini sangat penting dalam menghilangkan gas yang tidak diinginkan, mengurangi rasa dan bau air dan mengoksidasi zat besi, mangan, dan senyawa lain yang dapat mencemari air.

Aerasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memasukkan udara ke dalam air menggunakan pompa, menyemburkan air ke udara, atau membiarkan air jatuh dari pipa ke bak penampungan. Dalam semua kasus, tujuannya adalah untuk meningkatkan kontak antara air dan udara, yang memungkinkan oksigen dari udara larut dalam air dan gas yang tidak diinginkan terlepas ke udara.

Proses aerasi tidak hanya meningkatkan kualitas air dengan menghilangkan kontaminan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup bagi spesies akuatik. Oksigen adalah elemen penting bagi kehidupan banyak organisme air, dan peningkatan kandungan oksigen dalam air dapat mendukung kehidupan ikan dan organisme lain.

Pilihan A, C, dan D tidak berhubungan dengan proses penjernihan air. Pemurnian oksigen (A) merujuk pada proses pemisahan oksigen dari gas lain, bukan penambahan oksigen ke air. Abrasi (C) adalah proses pengikisan tanah oleh air, dan biasanya digunakan dalam konteks geologi atau teknik. Reboisasi (D) adalah proses penanaman kembali hutan yang telah ditebang atau rusak, dan tidak berhubungan langsung dengan penjernihan air.

Dengan demikian, aerasi adalah metode yang paling tepat untuk menjernihkan air dengan cara menambahkan oksigen ke dalamnya. Proses ini penting dalam pengolahan air dan juga bisa membantu mendukung kehidupan organisme akuatik.

Demikianlah jawaban dan uraian atas pertanyaan: Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air disebut dengan ...

Pertanyaan lainnya:

Salah satu kegiatan publikasi adalah

- Cara menjaga Alquran adalah sebagai berikut kecuali

- 4 Contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya

- Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain kecuali

- Salah satu upaya menumbuhkan semangat nasionalisme bagi pelajar adalah

Posting Komentar untuk "Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air disebut dengan ..."