Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nabi Ibrahim Diberi Gelar Abul Anbiya, Apa Artinya?

abul anbiya artinya

Apa arti Abul anbiya? Abul anbiya artinya bapaknya para nabi. Gelar Abul Anbiya diberikan kepada Nabi Ibrahim Alaihis salam. 

Penjelasan tentang gelar Abul Anbiya

Alasan nabi Ibrahim Alaihi salam diberi gelar sebagai bapaknya para nabi karena para nabi setelah nabi Ibrahim mengikuti garis keturunan dari kedua anak nabi Ibrahim Alaihis salam

Berikut ini penjelasannya:

Nabi Ibrahim memiliki 2 orang Istri. Istri pertama adalah Sarah dan Istri yang kedua adalah Hajar. 

- Dari Sarah lahir seorang anak dan menjadi Nabi yang kita kenal adalah Ishaq Alaihis salam.

Kemudian datanglah generasi para Nabi dari keturunan Ishaq yaitu Nabi Ya’qub, turun lagi Nabi Yusuf, Nabi Musa, Nabi Harun, Nabi Yunus, Nabi Ilyas, Nabi Ilyasa, Nabi Ayyub, Nabi Zulkifli, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Zakaria, Nabi Yahya dan Nabi Isa.

- Dari Hajar lahir seorang anak dan menjadi Nabi yang kita kenal adalah Ismail Alaihis salam.

Setelah generasi yang sangat panjang dan sangat lama, lalu setelah berhentinya generasi para Nabi dari keturunan Nabi Ishaq, datanglah keturunan generasi Nabi dari Ismail Alaihis salam yaitu Rasulullah, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa salam.

Inilah alasan mengapa Nabi Ibrahim Alaihis salam diberi julukan Abul Anbiya, Bapaknya para Nabi. Sejarah tentang nabi Ibrahim Alaihis salam sudah sangat banyak ditulis di buku sejarah keislaman. Di zaman nabi Ibrahim Alaihis salam ini pula berdirinya ka'bah dan ditemukannya sumber mata air zamzam yang luar biasa.

Kita dianjurkan banyak bersholawat kepada nabi Muhammad SAW dan juga kepada nabi Ibrahim AS. Bahkan dalam sholat kita juga selalu membaca sholawat untuk nabi Muhammad SAW dan juga nabi Ibrahim AS. 

Demikian penjelasan tentang arti Abul anbiya. Terima kasih telah berkunjung ke www.pojokinfo.id.

Posting Komentar untuk "Nabi Ibrahim Diberi Gelar Abul Anbiya, Apa Artinya?"