Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Orang yang Mau Adopsi Bayi? Baca Penjelasannya Disini

cari orang yang mau adopsi bayi

Anda sedang cari orang yang mau adopsi bayi? Atau sedang mencari komunitas adopsi bayi baru lahir? Baca sampai selesai artikel ini agar anda dapat informasi secara lengkap dan jelas.

Cari Orang yang Mau Adopsi Bayi? 

Ada banyak sekali latar belakang & alasan orang untuk menyerahkan bayinya ke orang lain, antara lain:

- Tidak ada uang untuk membayar biaya melahirkan di rumah sakit.

- Kuatir tidak ada biaya untuk membesarkan anak.

- Merasa sudah punya banyak anak dan sudah tidak sanggup lagi jika "dibebani" dengan tambahan anak lagi.

- Malu punya anak diluar nikah dan takut ketahuan keluarga.

Sebuah Nasehat...

Khusus untuk alasan malu punya anak akibat hamil diluar nikah, sebaiknya anda berterus terang kepada keluarga meskipun konsekuensinya anda akan menangung malu ke lingkungan tetangga, keluarga dan bisa terkena murka kedua orang tua.

Bisa jadi orangtua awalnya murka, mencaci maki bahkan mengusir anda karena telah mencoreng nama baik keluarga. Tetapi bisa jadi akhirnya mereka luluh dan mau menerima kehadiran bayi tsb, sehingga anda tidak perlu menitipkan / menyerahkan / menjual bayi tsb ke orang lain.

Menghadapi murka orang tua yang bisa jadi akan reda hitungan hari ataupun bulan, itu masih lebih baik daripada anda harus menyimpan rahasia seumur hidup karena telah punya anak akibat hamil diluar nikah. Lebih baik terus terang di awal karena cepat atau lambat rahasia akan terbongkar juga.

Jadi sebelum memutuskan untuk menyerahkan bayi ke orang lain sebaiknya pikirkan matang matang segala konsekuensi bagi anak dan kedua orangtuanya, karena sebaik baik pengasuhan adalah anak yang diasuh oleh kedua orang tua kandungnya sendiri.

Sangat banyak orang tua setelah menyerahkan bayinya kepada orang lain lalu timbul rasa bersalah dan penyesalan teramat dalam yang berkepanjangan, apalagi jika kemudian putus komunikasi / hilang kontak dengan orang tua angkatnya. Atau bisa juga orang tua angkat melarang orangtua kandung mengambil atau menemui anaknya lagi.

Atau banyak juga kejadian setelah anaknya beranjak remaja dan mengetahui bahwa kedua orangtuanya menitipkan dirinya ke orang lain maka si anak marah dan membenci kedua orangtuanya.

Si anak marah karena merasa dibuang dan tidak diharapkan kehadirannya di dunia ini. Jika hal ini terjadi tentu si anak akan merasa tidak berharga dan minder, si anak bahkan tidak mau menemui orang tua kandungnya.

Saran bagi anda yang ingin menyerahkan bayi karena tidak ada uang untuk membayar biaya melahirkan di rumah sakit:

- Tahap awal, cobalah minta bantuan ke saudara / teman untuk membayar biaya rumah sakit tsb. Mintalah bantuan tunai dan sebisa mungkin hindari berhutang.

- Jika tidak berhasil maka mintalah bantuan ke grup WA teman sekolah atau komunitas anda. Biasanya bantuan akan datang sangat cepat.

- Jika tidak berhasil mintalah bantuan ke Lembaga Amil Zakat yang banyak tersebar di seluruh Indonesia.

Saran & nasehat bagi  yang merasa sudah punya banyak anak dan sudah tidak sanggup lagi jika "dibebani" dengan tambahan anak lagi:

Percayakah anda jika saya katakan bahwa rezeki anak dari Allah SWT dan bukan dari orang tua? Bahkan rezeki orang tua juga dari Allah SWT.

Oke, jika anda tetap bersikeras dan merasa tidak sanggup jika "dibebani" tambahan anak lagi maka prioritaskan untuk menitipkan anak ke keluarga sendiri agar anak bisa mudah ditemui.

Jika tidak ada keluarga yang bisa dititipi anak cobalah titipkan ke teman yang bisa dipercaya.

Pilihan terakhir, anda bisa menitipkan ke Panti Asuhan, Dinas Sosial tingkat kota / provinsi, Yayasan adopsi anak atau bisa juga ke perorangan yang katagori kaya tetapi belum punya anak.

Jika menitipkan ke Panti Asuhan, carilah Panti Asuhan yang agamanya sama dengan anda. Begitu juga jika menitipkan ke perorangan, carilah yang agamanya sama dengan anda.

Menitipkan bayi ke Panti Asuhan, Dinas Sosial, Yayasan adopsi anak atau ke perorangan tentu ada banyak persyaratan yang harus dilengkapi.

Adopsi anak secara kekeluargaan 

Bagaimana jika ada orang lain yang menginginkan adopsi anak anda secara kekeluargaan? Yang dimaksud "secara kekeluargaan" disini adalah tanpa syarat yang ribet dan tanpa perjanjian tertulis.

Sebaiknya hati hati menerima karena sangat banyak resikonya. Bagaimanapun usahakan ada perjanjian tertulis bermaterai yang juga ditandatangani saksi.

RESIKO MENITIPKAN / MENYERAHKAN / MENJUAL BAYI KE ORANG LAIN.

Dalam banyak surat perjanjian adopsi anak, salah satu isi perjanjian surat tsb berisi:

1. Larangan orang tua kandung menuntut orang tua angkat dengan alasan apapun.

2. Larangan mengambil kembali anak kandung.

Baca baik baik aturan diatas agar anda berpikir 1000x jika anak anda diadopsi orang lain. Kecuali jika anda bisa membuat perjanjian yang berbunyi:

1. Orang tua kandung dapat menuntut orang tua angkat jika anak diperlakukan tidak baik / ditelantarkan / mengalami tindak kekerasan.

2. Orang tua kandung diizinkan menjenguk dan mengambil kembali anak tsb jika orang tua kandung dianggap sudah mampu menghidupi dan membesarkan anak.

Komunitas adopsi bayi baru lahir

Mohon maaf, hingga tulisan ini dibuat belum ada komunitas adopsi bayi baru lahir.

Sampai disini dan semoga tulisan cari orang yang mau adopsi bayi ini ada manfaatnya.

Berikut ini artikel untuk referensi anda:

- https://www.republika.co.id/berita/ogmk6y313/mau-adopsi-anak-ini-pandangan-ulama

- https://www.liputan6.com/health/read/2252933/mau-adopsi-anak-begini-syarat-dan-tata-caranya

- https://www.merdeka.com/trending/cara-adopsi-anak-lengkap-dengan-syarat-dan-biayanya-kln.html

- https://yayasansayapibu.or.id/tentang-kami/adopsi/ << Ini yayasan adopsi anak.


Tag: cari orang yang mau adopsi bayi, adopsi anak bayi, adopsi anak secara kekeluargaan, siapa yang mau adopsi bayi saya,

Posting Komentar untuk "Cari Orang yang Mau Adopsi Bayi? Baca Penjelasannya Disini"