Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alquran Digital dan Terjemahan untuk Android, PC, Laptop

Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian bagi seluruh umat manusia di dunia. Islam adalah agama yang membawa pencerahan, salah satu pedoman umat Islam adalah al-qur’an. Saat ini alquran digital dan terjemahan untuk android, PC, laptop juga sudah bisa diunduh dan dipelajari di mana saja dan kapan saja.

alquran digital dan terjemahan

3 Aplikasi Al-Qur’an dan Terjemahan untuk PC

1. Al Qur’an Mushaf Madinah
Aplikasi al-qur’an pertama yang bisa Anda baca dari PC adalah Al Qur’an Mushaf Madinah. Font teks dari aplikasi ini dapat mengubah ayat al-Qur’an dari Uthmanic Calligraphy ke Simplified Arabic, sehingga pengguna dapat lebih mudah memahami ayat-ayat suci Al-Qur’an. Jika Anda ingin menghafal beberapa ayat dari kitab suci, aplikasi ini dapat membantu Anda.

Tidak masalah jika Anda sudah atau belum mengenal bahasa Arab, karena software apilkasi akan menampilkan terjemahan dalam beberapa bahasa. Secara keseluruhan, teks dari aplikasi ini sangat cocok dengan Al-Quran versi cetaknya Madinah yakni "Mushaf Al-Madinah".

Jika Anda tidak ingin membacanya sendiri, Anda dapat memprogram aplikasi untuk melakukan resitasi dan Anda dapat memilih dari 50 gaya pengulangan yang berbeda. Bacaan dapat Anda mainkan, jeda, hentikan, perlambat, atau percepat.

Anda juga dapat menyorot bagian-bagian yang telah Anda hafal atau rencanakan untuk menghafal dan mencarinya di dalam Al-Quran. Ini adalah aplikasi mendengarkan dan membaca al-quran terjemahan  yang sangat sederhana.

Jika Anda ingin menenangkan pikiran setelah sibuk beraktivitas di tempat kerja, Anda dapat mengaktifkan aplikasi ini untuk mendengarkan seluruh ayat-ayat suci Alquran. Anda dapat memilih ayat terakhir yang Anda tinggalkan dan melanjutkan membaca pada ayat mana Anda berhenti.

Anda bisa mengunduh aplikasi Al Qur’an Mushaf Madinah di https://nashr.qurancomplex.gov.sa/site/daownload.htm.

2. Quran Terjemahan v8.1
Seperti namanya, Al Qur’an dan terjemahan digital ini telah dilengkapi dengan panduan tajwid. Adanya fitur tajwid ini akan membantu para penggunanya membaca dan memahami ayat-ayat Al Qur’an.

Bukan hanya terdapat fitur tajwid saja, Quran Terjemahan v8.1 juga terdapat fitur alarm yang akan mengingatkan Anda waktu membaca Al-Qur’an kapan saja sesuai dengan pengaturan Anda.
Adapula fitur untuk mencari lafadz dalam surah Al Qur’an jika Anda ingin mencari lafadz yang Anda maksud. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Quran-terjemah v 8.1

3. King Saud University
Aplikasi al quran untuk PC satu ini bernama King Saud University. Aplikasi  alquran digital dan terjemahan ini bisa Anda unduh untuk membantu Anda yang membutuhkan kitab suci Al-Qur’an untuk dipelajari dan dipahami.

Menariknya aplikasi al-qur’an King Saud University atau biasa disebut KSA ini tersedia dalam 20 bahasa. Jadi Anda bisa membacanya dengan segala versi bahasa yang Anda inginkan, termasuk bahasa Indonesia.

Aplikasi Al Quran KSA juga memiliki salinan dari Mosshaf Al-Madina. Tidak hanya itu, KSA juga memiliki fitur tajwid. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan MP3 sehingga bagi penggunanya yang ingin mendengarkan Al-Qur’an bisa memutar dan memilih siapa qori’ yang akan melantunkan ayat suci.

Anda bisa mengunduh KSA dalam PC Anda di https://quran.ksu.edu.sa/m.php?l=ar#aya=1_1.

3 Aplikasi Al-Quran untuk Android

1. Quran Pro
Al-Qur’an pro bisa Anda unduh di playstore atau app store. Anda bisa membaca Al-Qur’an dari mana saja dan kapan saja. Selain membaca ayat suci Al-Qur’an, Anda juga bisa mendengarkan Al-Qur'an dari para qori’ terkenal di dunia. Pastinya dengan adanya fitur MP3 ini akan memudahkan para penggunanya untuk belajar al-Qur’an.

Qur’an Pro ini memberikan tampilan yang sangat sederhana di mana Anda banyak fitur penanda yang akan membantu Anda membaca al-Qur’an dengan mudah. Qur’an Pro juga tersedia dalam banyak bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

2. Al quran Indonesia
Sesuai dengan namanya, yaitu Al-Qur'an Indonesia, maka aplikasi Al-Qur’an ini diproduksi oleh Andi Unpam asal Tangerang Selatan. Aplikasi ini telah dilengkapi 30 juz dan 114 surah yang disediakan lengkap dengan terjemahan ayatnya dalam bahasa Indonesia.

Jadi akan sangat menyenangkan bukan jika Anda belajar al-Qur’an sambil membaca terjemahannya? Sekali mendayung dua pulau terlampaui.

3. Muslim Pro Muslim
Aplikasi al-Qur’an satu ini bisa jadi aplikasi dengan fitur yang paling lengkap apabila dibandingkan dengan aplikasi yang sebelumnya. Mengapa? Sebab al-qur’an ini tidak hanya menyediakan fitur membaca al-Qur’an saja tapi juga terdapat beragam fitur lainnya.

Seperti fitur pengingat waktu salat, waktu puasa, suara azan. Adapula fitur kompas dan kiblat, peta, penunjuk masjid, daftar restoran halal, dan kalender Hijriah. Wah, lengkap sekali bukan aplikasi Muslim Pro Muslim ini? Aplikasi ini diciptakan dan dikembangkan di Singapura namun Muslim Pro Muslim sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.

Hikmah Membaca Al-Qur’an

Mengapa al-qur’an versi digital mulai hadir di kehidupan umat manusia? Tentu saja kehadiran al-qur’an digital karena telah berkembangnya teknologi yang canggih di era ini. Nah, karena al-qur’an versi digital telah hadir di sekitar manusia, maka jangan lupa untuk senantiasa membaca Al-Qur’an di setiap harinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Qur;an maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (Hadits Riwayat Imam Tirmidzi).

Dengan adanya pahala yang telah disebutkan di atas, akankah Anda masih ingin menunda-nunda membaca al-qur’an yang bisa Anda baca di PC atau android dengan mudah?

Hukum Membaca Alquran Digital

Banyak yang bertanya, apakah membaca al-Quran dalam PC atau android diperbolehkan? Pada dasarnya membaca al-Qur’an dalam android atau PC masih diperbolehkan asal siapa yang membaca tidak sedang haid atau datang bulan. Lalu apakah membaca al-qur’an di PC atau android ini dikenakan hukum untuk berwudhu?

Sebenarnya membaca Al-Qur’an tidak disyaratkan untuk bersuci dari hadats kecil sehingga Anda tidak diwajibkan berwudhu. Hanya saja akan menjadi sebuah keutamaan jika Anda mau membaca al-quran dengan didahului berwudhu.

Menjadi sebuah permasalahan dan perdebatan adalah ketika membaca ayat Al-Qur’an dari mushaf atau al-qur’an langsung.  Jika Anda membaca langsung dari mushaf al-qur’am, maka Anda diwajibkan untuk bersuci dari hadats kecil terdahulu. Ya, sangat disyariatkan dalam Islam untuk berwudhu ketika menyentuh mushaf dan membacanya.
Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits

عَنْ أَبِى بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَتَبَ إِلَى أَهْلِ الْيَمَنِ كِتَابًا فَكَانَ فِيهِ لاَ يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلاَّ طَاهِرٌ

Hadits dari Abu Bakr bin Muhammad bin ‘Amr bin Hazm dari ayahnya dari kakeknya, “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah menulis surat untuk penduduk Yaman, isinya adalah “Tidak boleh menyentuh Al-Qur’an melainkan orang yang suci”. (HR. Daruquthni)

Maka dari itu, berdasarkan hadits tersebut, sebelum berwudhu maka tidak boleh menyentuh mushaf Al-Qur’an. Namun jika Anda membaca alquran digital dan terjemahan untuk android, PC, laptop, maka tidak diwajibkan untuk berwudhu.

Posting Komentar untuk "Alquran Digital dan Terjemahan untuk Android, PC, Laptop"