Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Suara AC Berisik dan Cara Mengatasinya

suara ac berisik dan cara mengatasinya

Barang elektronik akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan berjalannya waktu. Seperti AC mengeluarkan suara berisik, anda perlu segera mengetahui penyebab dari masalah tersebut. Berikut ini adalah penyebab kenapa suara AC berisik dan cara mengatasinya.

Suara AC Berisik dan Cara Mengatasinya

1. Baut Longgar

AC yang berisik dapat disebabkan karena baut yang longgar. AC akan bergetar saat sedang bekerja, begitu juga dengan bautnya.

Artikel terkait:
– Service AC Cikarang
– Service AC Tangerang

Apabila hal ini terjadi dalam waktu lama, tentunya dapat menyebabkan baut menjadi longgar. Baut longgar inilah yang dapat menjadi pemicu timbulnya suara berisik.

Jadi coba periksa apakah ada baut yang longgar, dengan mengecangkan baut tersebut.

2. Penyangga AC Tidak Rata

Masalah selanjutnya dapat disebabkan karena penyangga AC yang tidak rata, perlu diketahui bahwa agar dapat menempel pada tembok, AC membutuhkan penyangga atau bracket.

Pada umumnya AC perlu diletakkan pada bagian tembok yang rata, namun karena terjadi suatu hal terkadang AC dipaksa dipasang pada permukaan yang tidak rata.

Pemasangan pada dinding yang tidak rata seperti inilah yang biasanya dapat menjadi penyebab suara berisik pada AC.

Hal ini dapat diatasi dengan memindahkan bracket pada tempat yang lebih rata, atau anda dapat menggantinya dengan dudukan yang lebih rata.

3. Sabuk yang Longgar

Sabuk yang longgar juga dapat menjadi penyebab suara berisik pada AC, cobalah untuk memeriksa bagian belt ini memang bermasalah. Perlu diketahui bahwa belt yang sudah longgar, maka perlu diganti dengan yang baru.

4. Bearing Kompresor Kendor

Perlu diketahui bahwa komponen lain yang juga bisa menyebabkan AC mengeluarkan suara berisik adalah bearing kompresor yang kendor.

Artikel terkait:
– Service AC Makassar
– Service AC Malang

Hal ini dapat disebabkan karena lamanya usia penggunaan AC. Anda dapat mencegah masala ini dengan menggantinya dengan yang baru.

5. Motor Kipas Rusak

Penyebab AC berisik hingga mengeluarkan suara juga dapat disebabkan karena bantalan motor kipas yang mulai rusak. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengganti motor kipas AC dengan yang baru.

Perlu anda ketahui bahwa AC berisik tidak selalu menjadi tanda bahwa harus menggantinya dengan yang baru. Namun hal ini juga dapat disebabkan karena adanya beberapa komponen yang hanya perlu diganti saja.

Tentunya anda perlu menjaga keawetan pada AC anda, bila anda membeli AC berkualitas mungkin masalah seperti ini akan jarang terjadi, setidaknya membutuhkan waktu lebih lama hingga masalah ini muncul.

Demikian penyebab kenapa suara AC berisik dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut, serta dapat menambah wawasan kita semua. (Pojokinfo)

Posting Komentar untuk "Kenapa Suara AC Berisik dan Cara Mengatasinya"