Home » Service » Cara Service Pompa Air Untuk Kerusakan Ringan

Cara Service Pompa Air Untuk Kerusakan Ringan

service pompa air

Bagaimana cara service pompa air dan berapa biaya komponennya jika memang harus diganti?

Ada banyak type pompa air, panduan ini dikhususkan untuk perbaikan pompa air sumur dangkal dan sumur dalam untuk rumah tangga saja dengan jenis masalah yang paling sering dialami.

Soal merk pompa air, baik Sanyo, Shimizu, Dab, Panasonic ataupun Wasser cara memperbaikinya sama saja dan tidak ada perbedaan signifikan.

Cara Service Pompa Air

Inilah masalah umum yang sering dialami dan cara mengatasinya:

Pompa air tidak mau hidup

Penyebab yang paling umum ada 3, yakni putaran pompa sedang macet (ngelag), kapasitor mulai lemah atau otomatis pompa sedang macet. Kita bahas satu persatu:

1. Putaran pompa sedang macet
Ini dialami pompa baru ataupun lama. Hal ini disebabkan adanya pasir yang terperangkap di dalam baling baling impeller sehingga saat start pompa hanya mendengung tapi tidak bisa berputar.

Solusi: Putarlah bagian belakang pompa (yang ada kipasnya) dengan menggunakan obeng (+). Putar kearah jarum jam atau boleh juga secara bolak balik hingga putaran terasa ringan, lalu hidupkan pompa.

Jika putaran terus terusan terasa berat, maka cobalah membuka tutup baling baling impeller lalu lihat apakah banyak pasir yang terperangkap di impeller?

Kalau banyak pasir yang terperangkap maka bukalah impeller lalu bersihkan dan pasang ulang. Biasanya jika sudah dibersihkan maka putaran akan menjadi normal / ringan kembali.

2. Kapasitor mulai lemah
Fungsi kapasitor adalah merunningkan dinamo saat start awal. Nah, seringkali kapasitor ini bermasalah walaupun pompanya masih dalam keadaan baru dibeli dari toko… nah lho…

Begini sobat pojokinfo.id, saya sendiri sudah membeli pompa air lebih dari 500 unit dan menggunakannya langsung, jadi diantara 500 unit tsb ada belasan yang kapasitornya agak lemah sehingga tidak mau berputar, padahal listrik PLN tidak sedang turun voltage nya.

Tapi saya tidak menyalahkan siapa siapa lah…. maklum pabrik pompa air dalam seharinya kan memproduksi puluhan ribu unit, sangat wajar jika ada puluhan unit yang agak bermasalah, utamanya di kapasitor.

Menurut saya jika sudah terlalu sering pompa tidak mau hidup dan hanya mendengung saja maka sebaiknya segera ganti kapasitornya.

pojokinfo.id

2 thoughts on “Cara Service Pompa Air Untuk Kerusakan Ringan

  1. Kondisi:
    Usia pompa sekitar 1 THN
    Pompa nyala normal
    Otomatis normal
    Suara normal
    Perputaran normal
    Pemerikasaan :
    Pipa SDH dicek tidak ada yg bocor
    Semua sdh saya kencangkan
    Kasus :
    Air tidak keluar
    Umpan air dalam agak berkurang
    Katup membran bagus

    1. @Ery:

      Dari sini saya mengambil kesimpulan sbb:
      – Pompa sudah digunakan dan berjalan normal selama 1 tahun.
      – Sekarang tiba tiba air tidak keluar lagi
      – Kondisi pompa masih bagus
      – Pipa hisap tidak ada yang bocor

      Disini kemungkinan terbesar penyebabnya karena permukaan air dalam tanah mengalami penurunan ketinggian (level) sehingga sudah diluar jangkauan kemampuan pipa hisap.

      Untuk diketahui, untuk pompa sumur dangkal maksimal kedalaman pipa hisap di 8 meter dan untuk pompa sumur dalam maksimal di 11 meter.

      Nanti setelah beberapa jam / hari saat permukaan air tanah semakin tinggi maka pompa akan bisa menghisap air kembali, terkadang harus dengan “memancing pompa” lagi.

      Demikian jawaban saya. Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya kembali… Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.