Home » Artikel » Komponen AC dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Komponen AC dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Komponen AC dan Fungsinya

AC memiliki beberapa komponen yang memiliki fungsi masing masing. Berikut ini ialah komponen AC dan fungsinya yang perlu diketahui.

Komponen AC dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

1. Kompresor

Komponen pertama ini memiliki fungsi menghisap dan menekan uap refrigerant dari evaporator. Selain itu, kompresor merupakan salah satu komponen utama yang terdapat pada unit pendingin udara.

Baca juga:
Service AC Bekasi
Service AC Bandung

Kompresor ini juga dapat mempertahankan perbedaaan tekanan dan temperatur dalam sistem, karena kompresor akan mengkompresi uap tersebut sehingga suhu dan tekanannya lebih tinggi.

Tidak hanya itu, kompresor dapat mengalirkan refrigerant ke seluruh sistem pendingin. Kompresor memiliki sistem kerja yang dapat mengubah tekanan dari sisi yang bertekanan tinggi menuju sisi yang bertekanan rendah.

Prinsip pada komponen ini yaitu, semakin tinggi temperatur maka semakin tinggi pula tekanan yang diperlukan.

2. Kondensor

Komponen ini berfungsi sebagai penukar kalor. Komponen ini dapat menurunkan temperatur refrigerant dan mampu mengubah wujud refrigerant dari gas menjadi cair.

Selain itu komponen ini menggunakan udara sebagai media pendingin. Kondensor ini memiliki sistem kerja yaitu, kalor yang terdapat pada refrigerant akan dilepaskan ke udara bebas dengan bantuan kipas / fan.

Perlu anda ketahui bahwa komponen ini terdapat pada unit outdoor AC karena sistem kerjanya yaitu membuang hawa panas, dan memiliki bentuk seperti jaringan pipa yang berfungsi pengembunan.

Karena refrigerant yang dipompa dari kompresor akan mengalir menuju pipa kondensor dan mengalami pengembunan.

Setelah itu refrigerant akan berubah menjadi zat cair karena pengembunan tersebut selanjutnya zat cair itu akan mengalir ke pipa evaporator.

3. Evaporator

Evaporator adalah komponen yang memiliki bentuk seperti jaringan pipa dan memiliki fungsi sebagai proses penguapan.

Selain itu komponen ini juga miliki fungsi lain untuk menyerap udara panas dari dalam ruangan ke refrigerant. Dengan kata lain komponen ini dapat bertugas untuk menukar panas.

Dari pipa kondensor, zat cair yang berasal dari pipa kondensor akan masuk menuju evaporator lalu akan berubah wujud menjadi gas dingin karena mengalami proses penguapan.

4. Pipa Kapiler

Pipa kapiler miliki fungsi untuk menurunkan tekanan serta mengatur cairan refrigerant yang mengalir menuju evaporator.

Baca juga:
Service AC Jakarta
Service AC Depok

Pipa kapiler ini memiliki fungsi penting karena komponen ini menghubungkan dua bagian, tekanan tinggi dan tekanan rendah.

Ketika refrigerant yang bertekanan tinggi melewati pipa kapiler akan berubah dan turun tekanannya. Penurunan tersebut yang akhirnya akan membuat terjadinya penurunan suhu.

Demikian informasi komponen AC dan fungsinya yang perlu diketahui. Semoa artikel ini dapat membantu anda serta dapat menambah wawasan kita semua – Pojok info.

Leave a Reply

Your email address will not be published.