Home » Artikel » Ketahui Ciri-Ciri Freon AC Habis, Mudah Dideteksi

Ketahui Ciri-Ciri Freon AC Habis, Mudah Dideteksi

Ketahui Ciri-Ciri Freon AC Habis

Ciri ciri freon AC habis sebenarnya dapat diketahui dengan mudah. Namun hal ini kerap kali tidak disadari atau bahkan disepelekan oleh para pengguna AC.

Ketahui Ciri Ciri Freon AC Habis

Berikut ini adalah cara mengetahui tanda freon AC habis atau terjadi kebocoran:

1. Ciri Ciri Freon AC Habis pada Pipa

Bila pipa pada AC anda tidak terasa dingin, maka hal ini dapat disebabkan karena freon yang habis. Selain itu, bila pipa pada bagian AC tidak mengeluarkan bunga es tipis maka hal itu juga salah satu pertanda ciri freon AC habis.

Artikel terkait:
Service AC Bekasi
Service AC Bandung

2. Terjadi Kebocoran Air

Ciri selanjutnya adalah terjadi kebocoran pada AC, selain itu dapat juga terjadinya penggumpalan pada evaporator AC.

3. Angin AC Tidak Terasa Dingin

Angin AC tidak terasa dingin dapat menjadi ciri freon anda mengalami kebocoran. Itu adalah salah satu penyebab kenapa AC tidak dingin. Pastikan anda memperhatikan cara kerja AC, bahwa AC seharusnya mengeluarkan hawa dingin dan membuat ruangan menjadi sejuk.

4. Bagian Luar AC Tidak Panas

AC memiliki bagian indoor, itulah mengapa anda perlu melakukan pengecekan pada bagian ini secara rutin. Perlu diketahui bila udara pada bagian luar AC tidak terasa panas, maka hal ini dapat juga menandakan bahwa freon telah habis.

5. Lampu Indikator Berkedip

Pada beberapa type AC memiliki indikator lampu timer yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi dengan memperhatikan lampunya.

Perlu diketahui bahwa indikator lampu timer pada indoor AC yang berkedip, menandakan adanya masalah dengan beberapa komponen elektronik, tekanan freon atau kompresor AC.

Selain itu lampu yang berkedip ini juga dapat disebabkan karena sinyal error yang diterima oleh IC mikroprosesor dari sensor suhu, sensor pipa maupun motor fan.

6. Biaya Listrik Membengkak

Pada AC yang terus digunakan meski freon telah habis, maka dapat menyebabkan biaya listrik membengkak. Hal ini dikarenakan AC memerlukan usaha lebih ekstra untuk bekerja.

Usaha ekstra ini membutuhkan banyak energi saat pemakaian. Pastikan anda melakukan pemeriksaan freon secara rutin, karena hal ini menjadi salah satu cara menekan biaya tagihan listrik di rumah.

7. Merasakan Gejala Keracunan

Bila anda tidak sengaja menghirup freon, maka dapat membuat kesulitan bernapas dan pembengkakan pada tenggorokan.

Artikel terkait:
Service AC Jakarta Selatan
Service AC Jakarta TImur

Dan bila anda menghirupnya dalam jumlah besar, maka dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur, mual dan mengalami gejala yang mirip keracunan. Tapi kasus ini kecil kemungkinan terjadi.

Hal yang paling penting, pastikan anda melakukan pengecekan rutin untuk dapat mengetahui dan mencegah hal ini terjadi.

Demikian cri ciri freon AC habis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam mengetahui ciri ciri kebocoran pada freon. (Pojokinfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.