Home » Artikel » Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil

Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil

Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil

Sofa sebagai perabot yang sering digunakan untuk menerima tamu, anda perlu mengetahui tips memilih sofa yang nyaman digunakan, khususnya untuk ruangan minimalis. Ada tips cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil.

Pada ruang tamu yang berukuran kecil, kehadiran sofa di ruang tamu terkadang dianggap dapat mempersempit ruangan, padahal tidak selalu demikian selama anda memilih ukuran yang tepat.

Pelajari tips memilih sofa dibawah ini, karena selain digunakan sebagai tempat duduk, sofa juga bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi ruangan.

Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil

1. Mengukur ruang tamu agar lebih mudah menentukan ukuran sofa yang sesuai

Sebelum membeli sofa, anda harus terlebih dahulu mengukur ruangan. Gunakan meteran untuk mengukur, namun bila tidak memiliki meteran anda dapat menggunakan pengukuran sepintas dengan melihat kotak plafon maupun ukuran keramik lantai. Selain mempertimbangkan letak sofa, anda juga perlu memikirkan penataan dekorasi lainnya.

Perlu anda ketahui, sebaiknya sofa pada ruang tamu kecil tidak lebih dari 30 persen luas ruangan, terutama pada ruang tamu yang dibuat dengan model sekat dan digabungkan ruang keluarga.

Anda akan tetap bisa menggunakan sofa ruang tamu modern dengan desain kekinian, meski dengan ukuran sofa yang tidak begitu besar.

Artikel terkait:
Service sofa Bekasi
Service sofa Bandung

2. Pilihlah sofa berwarna netral agar lebih mudah dipadukan dengan dekorasi ruang tamu

Selain warna pada cat dinding, anda juga perlu memilih sofa dengan warna yang selaras karena hal ini juga mempengaruhi kesenjangan pada ruang tamu.

Pilihlah sofa dengan warna netral seperti putih, krem, maupun abu abu agar menciptakan kesan ruang tamu yang lega dan lebih hangat.

Bila anda merasa sulit dalam menentukan warna sofa, anda dapat memeriksa kembali warna dinding pada ruang tamu dan pilihlah sofa ruang tamu minimalis yang warnanya berbeda agak tidak terkesan monoton.

3. Sofa bermotif dapat dijadikan focal point utama dalam ruang tamu

Sofa bermotif dapat dijadikan sebagai model sofa untuk ruang tamu kecil dan sempit, karena ruang tamu anda akan kelihatan lebih lega dengan minimnya dekorasi lain. Aksen dari sofa ruang tamu dapat membuat suasana ruang menjadi terkesan lebih hidup dan nyaman untuk ditempati.

Pilihlah sofa dengan motif berwarna terang untuk ditempatkan pada sudut ruang tamu anda, hindari memilih sofa motif yang berwarna dasar gelap untuk menghindari kesan sumpek pada ruang tamu yang kecil. Bila anda tidak menyukai sofa bermotif, anda bisa ganti dengan menambahkan bantal cushion sebagai dekorasinya.

4. Pada ruang tamu yang kecil anda bisa memilih sofa memanjang atau L

Sofa memanjang bisa ditempatkan pada sudut ruang tamu, setelah itu anda bisa menambahkan meja kecil di depannya. Tapi jika ruang tamu anda memiliki konsep open space dan memberi jarak dengan ruang keluarga, anda bisa beralih pada sofa bentuk L.

Sofa L dapat memberikan kesan luas dan terbuka tanpa membatasi akses ruangan meski bisa digunakan sebagai pemisah. Pada ruang tamu yang kecil pastikan anda tidak memilih sofa bulat atau melingkar karena hal ini lebih memakan banyak tempat.

Artikel terkait:
Service sofa Jakarta
Cuci sofa Tangerang

5. Pertimbangkan untuk memilih sofa ruang tamu tanpa sandaran yang lebih fleksibel

Sofa tanpa sandaran memiliki kelebihan yaitu dapat ditempatkan di mana saja, selain itu sofa tanpa sandaran juga dapat dijadikan sebagai sekat ruangan.

Sofa ini memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil bila dibanding sofa lainnya, tentunya akan mempermudah penataannya. Tidak hanya pada ruangan yang sempit, bila anda nanti ada niatan untuk melebarkan ruang tamu, kursi sofa ruang tamu minimalis ini pun tetap bisa digunakan.

6. Pertimbangkan material rangka sofa ruang tamu yang akan dipilih

Cara selanjutnya anda perlu mempertimbangkan material rangka pada sofa ruang tamu yang akan dipilih, terdapat dua alternatif rangka sofa ruang tamu kecil sederhana yang bisa dipilih, yaitu terbuat dari material kayu solid dan besi.

Namun bila dibanding dengan kayu, rangka besi tidak memiliki banyak variasi model. Perlu anda perhatikan, hindari memilih rangka sofa dari papan kayu partikel, polywood standar, dan density fiverboard karena rangka tersebut tidak kokoh dan lebih mudah rusak.

7. Penting menyelaraskan bentuk, ukuran, warna sofa dengan dekorasi lainnya.

Bila anda ingin memiliki ruang tamu yang kelihatan lebih minimalis, maka pilih sofa dengan rangka kayu warna putih yang memiliki aksen garis garis untuk mempercantik ruangan.

Namun bila anda lebih menginginkan konsep ruang tamu tradisional, maka anda dapat menggunakan sofa ruang tamu elegan yang memiliki model klasik berwarna pastel kalem agar lebih menyatu dengan ruangan.

8. Alternatif lainnya menggunakan sofa bed untuk ruang tamu kecil

Sofa bed biasanya sering digunakan pada ruang tamu yang memiliki konsep lesehan. Perlu anda ketahui bahwa sofa bed tidak akan mengurangi tingkat kesopan karena memiliki alas duduk selain karpet yang bisa membuat tamu anda menjadi lebih nyaman.

Tidak hanya nyaman dan kelihatan lega saja, sofa bed juga lebih fleksibel terutama jika ada tamu yang ingin menginap. Anda dapat memanjangkan sofa bed lalu digunakan untuk tidur tamu.

Daripada menyediakan kasur tambahan, anda hanya perlu menyediakan sofa bed dengan tingkat kenyamanan yang tidak kalah sama kasur.

Artikel terkait:
Jasa cuci sofa Jakarta
Cuci sofa Surabaya

9. Jangan ragu untuk mencoba sofa sebelum membelinya

Sebelum anda membeli sofa untuk ruangan kecil, jangan ragu untuk mencobanya terlebih dahulu. Dari pada anda hanya melihat sofa pada katalog lebih baik anda minta izin kepada penjual untuk mencoba mendudukinya.

Pastikan bantalan serta pelapis pada sofa terbuat dari bahan berkualitas agar lebih nyaman saat diduduki. Cobalah bersandar untuk memeriksa kenyamanan serta mengukur ketinggian dan juga besar sofa karena hal ini pastinya akan berpengaruh pada posisi kaki saat duduk.

Cara Memilih Sofa

Inspirasi Sofa Minimalis Yang Cocok Ditempatkan Pada Ruang Tamu Kecil

1. Sofa yang memiliki rangka kayu memang sering ditempatkan pada ruang tamu kecil. Daripada menggunakan sofa berwarna cerah, anda dapat memilih dengan warna soft seperti abu abu.

Jika memungkinkan, tambahkan satu kursi kecil di sudut kiri sofa, atau juga bisa menambahkan kursi bulat motif di sampingnya hal ini bertujuan untuk menambah kapasitas duduk pada tamu anda.

2. Anda juga bisa menggunakan sofa tanpa sandaran dengan warna soft, hal ini bertujuan untuk membuat ruang tamu kecil anda menjadi terlihat lebih lega. Untuk mempercantik tampilan sofa, anda juga bisa menambahkan bantal cushion atau selimut bulu di samping sofa agar anda tidak terliat kak.

3. Karena sofa memiliki rangka yang unik, ruang tamu anda yang minimalis dapat terlihat lebih estetis. Meski anda memilih sofa dengan warna yang soft, pastinya akan memberi efek kalem dan tentunya tidak terkesan monoton karena tambahan cushion motif pada dudukannya.

4. Pada sofa ruang tamu terbaru 2020, memang tengah banyak diminati. Terutama bagi mereka yang menggabungkan ruang tamu dengan keluarga. Karena lebih padat, sofa minimalis pastinya sangat nyaman digunakan untuk bersantai, rebahan, sambil menonton televisi, atau melakukan aktivitas lainya.

Artikel terkait:
Service sofa Cimahi
Cuci sofa Semarang

Perlu anda ketahui sofa ruang tamu minimalis memiliki harga yang cukup mahal, apalagi bila anda memesan custom model. Karena uang yang dikeluarkan lebih banyak, itulah menapa dalam mencari sofa pastikan anda memilih yang sesuai dengan luas serta desain ruangannya.

Pastikan anda memilih sofa yang fleksibel untuk diletakkan dimana saja. Sehingga bila nanti anda bosan, sofa bisa dipindahkan ke ruang tengah dan tetap akan berguna.

Itulah cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil. Semoga dapat membantu anda dalam memilih sofa terbaik pilihan anda – Pojokinfo

Leave a Reply

Your email address will not be published.