Home » Artikel » Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis, Praktis dan Noda Hilang

Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis, Praktis dan Noda Hilang

Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis

pojokinfo.id – Sofa yang bersih tentu akan terasa nyaman digunakan bersantai. Untuk menjaganya agar tetap bersih ada tips khusus cara membersihkan sofa kulit sintetis yang baik dan benar agar awet.

Sofa kulit sintetis banyak diminati karena harganya yang relatif murah dan memiliki pilihan warna yang beragam serta menarik.

Salah satu alasan orang memilih sofa yang bercover sintetis yaitu karena mudah dibersihkan dari berbagai macam noda yang menempel. Itulah mengapa sofa jenis ini sangat diminati pada keluarga yang memiliki banyak anak kecil di rumahnya.

Untuk membersihkan sofa ini membutuhkan cara yang tepat. Tetapi urusan membersihkan sofa kulit sintetis tidak sesulit bila dibandingkan dengan sofa kulit asli.

Jasa terkait:
Service sofa Bandung
Service sofa Bekasi

Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis

Ada beberapa alternatif untuk membersihkannya:

1. Gunakan produk pembersih sofa

Hal pertama yang paling penting adalah memanfaatkan produk pembersih sofa. Produk pembersih sofa banyak ditemukan pada toko perawatan sofa atau juga di toko online.

Produk pembersih sofa memiliki harga yang cukup mahal namun akan membuat awet dan penggunaanya simpel, hanya dengan menyemprotkan cairan pembersih pada bagian yang kotor.

Selain itu penyemprotan bertujuan agar cairan tidak terlalu banyak tumpah. Setelah itu gunakanlah lap kering yang lembut untuk mengangkat nodanya. Cairan pembersih sofa terbuat dari bahan yang aman dan tidak merusak kulit sofa

2. Gunakan kain yang lembab

Anda dapat pula membersihkan sofa kulit sintetis menggunakan kain lembab, misalnya menggunakan kain handuk yang lembut. Celupkan handuk  ke dalam air hingga basah semua, lalu peras dulu hingga airnya habis.

Lalu anda bisa langsung mengelap semua bagian sofa, cara ini dilakukan agar mengangkat debu yang menempel pada sofa. Debu yang terlalu menempel tentunya cukup sulit dihilangkan bila menggunakan vacuum cleaner atau lap kering.

Dengan memakai lap basah akan membuat debu yang tebal bisa terangkat sempurna. Setelah bersih, keringkan sisa air yang masih menempel pada badan sofa dengan menggunakan kain handuk yang kering.

3. Gunakan larutan cuka

Bila terdapat noda yang sulit dihilangkan pada sofa, gunakan lap kering atau lap lembab yang diberi cuka. Campurkan dengan perbandingan 5 : 1 untuk cuka dengan air.

Setelah itu gunakan lap kering untuk menggosok campuran air dan cuka pada sofa pada wilayah yang terkena noda membandel. Gosok hingga noda menghilang dan bersih.

Setelah memakai cuka biasanya ruangan anda menjadi bau, hal ini dapat anda atasi dengan menggunakan baking soda.

Tapi sebelumnya test dulu tebarkan baking soda sedikit pada permukaan sofa, lalu perhatikan sofa dalam waktu 5 menit, apakah sofa mengalami perubahan warna atau tidak?

Bila tidak terjadi perubahan warna pada sofa, maka sebarkan baking soda ke seluruh permukaan sofa. Biarkan beberapa jam hingga bau menghilang seluruhnya. Selanjutnya anda dapat membersihkan baking soda menggunakan vacum cleaner.

4. Membersihkan sofa dari debu

Karena debu pasti muncul di berbagai tempat termasuk di sofa, maka anda perlu membersihkan sofa secara rutin.

Gunakan vacuum cleaner atau lap kering untuk melakukan pembersihan debu. Pastikan anda menggunakan vacuum cleaner dengan volume yang paling rendah agar kulit pada sofa tidak rusak.

Atau bila menggunakan lap kering lakukan dengan gerakan yang teratur dan halus. Jangan gunakan lap yang mudah sobek karena robekan ini dapat merusak permukaan kulit sofa.

Jasa Terkait:
Jasa cuci sofa Jakarta
Cuci sofa Tangerang

5. Menjaga kelembaban sofa

Untuk menjaga kelembaban pada sofa kulit sintetis, gunakan pelembab sofa kulit.

Penggunaan pelembab juga dapat mempertegas warna sofa dan menjaga kelenturan pada bahan kulit sintesis yang membuatnya tidak akan mudah mengalami kerutan dan retak.

pembersihan sofa kulit sintetik

Kelebihan Sofa Kulit Sintetis

Sofa cover kulit sintetis memiliki banyak kelebihan. Selain harga yang lebih terjangkau juga tersedia dalam berbagai pilihan warna, desain yang beragam, juga memiliki daya tahan yang lama. Secara fisik tampilan pada bahan jenis ini sangat mirip dengan bahan kulit asli.

Perlu anda ketahui kulit sintetis tidak hanya bisa digunakan pada pelapis sofa saja, tetapi juga digunakan untuk pelapis kursi makan dan kursi kantor.

Bahan kulit sintetis dapat digunakan untuk pelapis perabot yang multifungsi. Terutama pada dudukan sofa yang menggunakan busa empuk dan menggunakan upholstery bahan kulit sintetis.

Menggunakan rangka kayu ataupun bahan lain tidak masalah yang terpenting adalah nyaman untuk di duduki dan kuat, bahan ini menjadi pilihan yang paling pas dan efesien.

Jasa terkait:
Jasa cuci sofa Bekasi
Service sofa Jakarta

Kekurangan Bahan Sofa Kulit Sintetis

Sofa dengan bahan kulit sintetis terkenal dengan daya tahannya. Namun setiap kelebihan pasti juga ada kekurangan yang harus anda ketahui dengan baik.

Kekurangan yang dimiliki ini bisa saja membuat sofa yang anda miliki tidak bisa bertahan lama di ruangan tersebut. Berikut ini kekurangan sofa bahan kulit sintetis.

1. Sofa pada bahan kulit sintetis umumnya akan terasa panas jika di duduki dalam jangka waktu yang cukup lama

2. Sofa yang baru biasanya tercium bau semacam plastik. Namun hal ini tergantung pada jenis grade dari bahan kulit sintetis itu sendiri.

3. Sofa jenis ini sangat rentan terhadap paparan sinar matahari. Sehingga anda perlu mengatur letak posisi sofa untuk menghindari paparan sinar matahari langsung agar kulit sofa tidak terlihat retak retak.

4. Biasanya jika menggunakan model yang banyak lekukan jenis bahan kulit sintetis akan lebih mudah berkerut.

Demikian dan semoga ulasan ini menambah pengetahuan tentang cara membersihkan sofa kulit sintetis yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.