Home » Artikel » Cara Membersihkan AC Sendiri, Ini Langkahnya

Cara Membersihkan AC Sendiri, Ini Langkahnya

Cara Membersihkan AC Sendiri

Sebagai pemilik AC ada baiknya kita perlu mengetahui cara membersihkan AC sendiri terutama untuk pembersihan yang ringan ringan saja. Ini penting agar kualitas udara ruangan tetap terjaga.

Selain itu kebersihan AC juga berpengaruh terhadap penggunaan daya listrik. Bila AC tidak dibersihkan secara rutin, maka kotoran dan debu yang menumpuk akan membuat AC bekerja tidak optimal. Dan inilah yang membuat penggunaannya jadi lebih boros listrik.

Cara Membersihkan AC Sendiri

1. Cabut semua kabel ke sumber listrik

Hal yang perlu anda lakukan sebelum memulai pembersihan, yaitu dengan mematikan semua aliran listrik AC dengan mencabutnya.

Baca juga:
Service AC Surabaya
Service AC Jakarta Selatan

Hal ini sangat penting karena air yang terdapat di bagian AC merupakan penghantar listrik yang tentunya dapat membahayakan biila terkena listrik.

Bila perlu anda dapat menutup bagian saklar dengan lakban untuk mencegah cipratan air masuk ke dalam lubangnya.

2. Bersihkan AC mulai dari bagian cover

Setelah itu anda bisa melanjutkanya dengan membersihkan bagian penutup AC.

Dalam membersihkan bagian penutup AC anda dapat menggunakan alat pembersih biasa seperti kemoceng, lap kering hingga vacuum cleaner untuk membersihkan debu di permukaan luar hingga ke ventilasi.

Setelah itu anda dapat membersihkan sisa sebu yang menempel dengan menggunakan lap yang diberi sedikit air (lembab).

Setelah itu anda dapat menggunakan lap kering agar air yang kemudian mengering tidak meninggalkan noda mengotori penutup AC.

3. Lepas dan bersihkan bagian filter

Anda bisa membaca buku panduan dan ikuti instruksi yang ada untuk melepas bagian filter AC.

Setelah itu bersihkan debu menggunakan vacuum cleaner, lalu cuci filter dengan air dan sabun cair pencuci piring, dan bilas hingga bersih, pastikan anda tidak menggosok terlalu keras, karena hal ini dapat merusak filter AC anda

Pastikan anda tidak lupa untuk lap kembali agar tidak ada air dan debu yang masih menempel.

Bagian filter pada AC merupakan salah satu komponen penting, jika filter AC dalam kondisi baik maka udara yang dikeluarkan juga dalam kondisi yang bersih.

4. Bersihkan bilah evaporator

Sebelum melakukan pembersihan pada evaporator, pastikan untuk menutupi area lantai dan dinding di dekat AC.

Karena nantinya air kotor akan menetes dan dapat mengotori lantai dan dinding di sekitarnya.

Setelah itu bersihkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih AC, anda bisa menyemprotkan ke bilah AC agar kumparan evaporator menjadi bersih.

5. Bersihkan bagian unit outdoor

Bersihkan debu yang menempel pada sisi pendingin dengan menggunakan kuas, pada area yang sempit anda dapat menggunakan sikat gigi yang berukuran lebih kecil.

Baca juga:
Service AC Solo
Service AC Jakarta

Untuk membersihkan dari dalam anda memerlukan air, siram air dari sisi depan tanpa melepas bagian kipas.

Bila AC terlalu kotor anda perlu menggunakan air larutan deterjen, agar unit ini bisa benar benar bersih. Siram hingga air siraman pada bagian ini tidak lagi kotor. Dan gunakan air bersih tanpa deterjen agar tidak menimbulkan karat pada mesin.

Demikian cara membersihkan AC sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membersihkan AC serta dapat menambah wawasan kita semua (Pojokinfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published.