Home » Artikel » Apa Itu Freon dan Jenis Freon Untuk AC

Apa Itu Freon dan Jenis Freon Untuk AC

Jenis Freon Untuk AC

Freon merupakan zat cair yang bertugas menyerap panas pada sistem AC melalui proses penguapan di evaporator. Berikut ini adalah pengertian dan jenis freon untuk AC yang perlu diketahui.

Apa Itu Freon dan Jenis Freon Untuk AC

Freon yaitu jenis refrigerant yang merupakan senyawa kimia atau gas yang berfungsi sebagai pendingin. Refrigerant ialah cairan yang digunakan di dalam AC.

Cara bekerja freon yaitu dengan mengambil panas dari isi ruangan yang ingin dikondisikan suhu udaranya dan membuang panas di atmosfer bumi.

Perlu diketahui bahwa refrigerant nantinya akan mengalami perubahan dari cair menjadi gas, dan setelah itu akan berubah menjadi cair. Selain itu freon tidak memiliki warna dan tidak berbau, karena termasuk dalam senyawa kimia atau gas.

1. Freon R22

Pada freon ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0.05 bila dibandingkan dengan jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0. Selain itu freon jenis ini tidak mudah terbakar.

Artikel terkait:
Service AC Sidoarjo
Service AC Bandung

Namun, di Indonesia peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan telah menyatakan bahwa sejak tahun 2015, freon dengan jenis R22 ini telah dihapus dan tidak diizinkan untuk digunakan.

Hal inilah yang menyebabkan semua pabrik AC di Indonesia dilarang memproduksi, mengimpor atau bahkan menjual produk AC yang masih menggunakan jenis freon R22 ini.

2. Freon R410A

Pada jenis freon AC ini biasanya digunakan di tipe AC inverter. Freon jenis ini tidak memiliki potensi perusakan ozon, yang membedakanya dengan Freon R22.

Sedangkan pada potensi pemanasan global, freon jenis ini memiliki nilai yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan jenis R22. Dan jenis freon R410A ini juga tidak mudah terbakar.

3. Freon R32

Freon R32 ditemukan oleh perusahaan Daikin di Jepang pada tahun 2012, dan mulai digunakan di line up AC pada tahun 2013. Freon jenis ini lebih ramah lingkungan bila dibandingkan dengan freon jenis R410A.

Artikel terkait:
Service AC Solo
Service AC BSD

Selain itu, jenis ini memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis R22 dan R410A.

Walau memiliki potensi yang mudah terbakar, freon R32 tentunya masih aman untuk digunakan pada AC rumah tangga.

4. Freon R290

Pada freon jenis ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah bila dibandingkan dengan jenis freon lainnya.

Tetapi karena angka index dinginnya yang cukup rendah dan jenis ini memiliki tingkat mudah terbakar yang cukup tinggi. Maka hal ini membuat banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon AC jenis ini.

Demikian pengertian dan jenis freon utuk AC yang perlu diketahui. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengetahui jenis freon – Pojokinfo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.